Tuesday, April 19, 2011

TANYA JAWAB EMAS BAG. (2)

Sesuai komitmen saya untuk memuat kembali pertanyaan sekaligus jawaban tentang emas baik di status comment , massage FB dan Japri by BBM, email maupun sms. Maka melalui tulisan ini saya coba rangkum Tanya jawab tersebut semoga dapat menjawab pertanyaan yang mungkin teman-teman lain juga ingin sampaikan. Buat rekan-rekan yang sudah menyampaikan pertanyaan ke saya dengan ini saya meminta ijin untuk memuat pertanyaanya dengan tidak mencantumkan nama penanyanya, dan hanya diambil inti pertanyaanya saja.
T : Kalau saya membeli emas batangan apakah terkena PPn, lalu kalau menyimpan emas batangan di SDB apa ada garansinya dari bank ?
J: Investasi emas secara konvensional dengan cara memiliki secara fisik sejumlah emas batangan murni memang paling cocok untuk masyarakat umum yang baru mencoba untuk berinvestasi dalam bentuk emas. Selain mudah didapat (saat ini seluruh sentra perdagangan emas di kota2x besar di Indonesia menjual emas batangan murni 99.99% merk LM) emas batangan ini juga mudah dijual kembali dengan nilai jual yang tinggi (tanpa susut sebagaimana kalau kita berinvestasi dalam bentuk perhiasan). Namun demikian menyimpan emas tentunya memiliki factor resiko keamanan, sehingga perlu dipikirkan tempat menyimpan yang aman. Menyimpan di SDB bisa menjadi salah satu sarana penyimpanan yang aman, walaupun bank-bank yang menyewakan SDB sendiri sebenarnya tidak pernah menggaransi (mengganti rugi) atas kehilangan barang yang disimpan di dalam SDB, namun selama ini kasus pembobolan SDB memang sangat jarang.
Di Indonesia pembelian emas murni batangan 99.99% tidak dikenakan PPN, sehingga masyarakat dapat dengan leluasa melakukan investasi emas murni batangan 99.99%. Emas selain dalam bentuk dan kemurnian tersebut menjadi obyek PPN. Metode konvensional masih yang terbaik karena secara fisik emas yang kita miliki benar-benar nyata adanya dalam kendali kita.

T: Masukin dikit buat antam, banyak yang kecewa nih (termasuk bini gue) sama Antam …. Kalau harga lagi naik, stock Antam banyak. Tapi kalo harga lagi turun udah beberapa kali stocknya tidak tersedia ?
J : Terima kasih masukan dan informasinya,  dengan ini perlu saya sampaikan bahwa memang saat ini Antam/LM kesulitan memenuhi kebutuhan pasar, karena  Antam sendiri tidak punya bahan baku untuk dijual. Seluruh emas yang dimurnikan oleh customer Antam di sini sesuai kontrak akan dikembalikan ke customer dan mereka akan jual sendiri. Termasuk UBPE Pongkor kita tidak bisa lakukan pembelian terkait aturan yang ada di BUMN, dimana transaksi jual-beli dalam satu company tidak bisa dilakukan. Untuk UBPE Pongkor biasanya kita lakukan pembelian kembali emas eks UBPE Pongkor yang sudah di ekspor. Untuk PT CSD Cibaliung karena berbeda entitas dan karena mereka kini sudah memiliki IUP sendiri maka kita bisa lakukan pembelian company to company. Pembeliannya pun tidak bisa dilakukan setiap shipment, biasanya dilakukan setiap satuan berat tertentu, misal 100 kg.
Selain itu, ketersediaan emas batangan murni 99.99% dalam bentuk pecahan-pecahan 1 sd 250 gram (small bar) memerlukan waktu untuk pembuatannya, karena bahan baku emas murni yang kita beli berbentuk emas batangan murni 99.99% ukuran 1 kg (kilobar).
Masalah fluktuasi harga juga membatasi persediaan buffer stock produk kami, karena semakin besar kita menyediakan persediaan buffer stock maka semakin besar pula terekspos terhadap resiko fluktuasi harga.
Sehingga persoalan yang disampaikan rekan saya tersebut pada dasarnya hanyalah masalah supply and demand, dimana stock yang ada dengan tingginya permintaan tidak seimbang, dan pada kebetulan kondisinya terjadi disaat harga lagi rendah stock kosong. Intinya Antam sendiri tidak bisa memastikan fluktuasi harga harian karena harga yang ditetapkan oleh LM berdasarkan harga emas dunia dikonversi dengan kurs US Dolar ke Rupiah. Antam akan selalu setia menjual produknya kepada masyarakat saat barang ada dan tidak pernah melakukan penyimpanan stock sesuai yang dijelaskan diatas.

T : Di Bandung tempat beli emas batangan agen resmi Antam dimana ya ? ada trik-trik nya neggak cara membeli emasa batanga ?
J : Untuk Agen resmi dalam arti kantor perwakilan penjualan Antam hanya ada dua tempat yaitu LM Pulo Gadung (telp. 021-299-80-900) dan LM Surabaya (telp. 031-549-1868). Tetapi jangan khawatir untuk saat ini seluruh sentra perdagangan emas di kota-kota besar di Indonesia menjual emas batangan murni 99.99% merk LM, sehingga untuk yang di Bandung silahkan datang ke toko-toko emas yang ada atau kalau susahnya saya sarankan datang ke pegadaian/syariah ataupun ke bank-bank syariah juga menyediakan penjualan emas antam LM walaupun mekanisme dan tata caranya berbeda-beda.
Untuk trik membeli emas untuk investasi sederhana sekali yaitu membeli pada saat ada uang dan menjualnya saat kita butuh. Tetapi kalau kita ingin berspkeluasi di emas sebaiknya dihindari karena selesih harga jual-beli untuk emas pada hari yang sama sebesar 4 %, sehingga kalau dalam waktu dekat dipastikan kita akan rugi, makanya kalau berinvestasi emas sangat tidak disarankan untuk spekulasi. Tetapi perlu diingat bahwa secara jangka panjang emas lebih menguntungkan karena emas sudah terbukti lebih dari 1400 tahun tahan terhadap inflasi bisa dibuktikan saat ini juga dan Insya Allah sampai kapan pun harga 1 Dinar mampu untuk membeli 1 ekor kambing kualitas super untuk saat ini dan saat yang akan datang. Sehingga jangan khawatir bila dalam jangka panjang emas turun sekalipun tetapi daya beli kita tidak akan turun, sehingga emas bisa dipastikan mampu menjaga daya beli kita hari ini dan masa yang akan datang.
Kalau boleh saya membandingkan dengan secara psikologi berinvestasi emas dengan saham sangat jauh berbeda, kalau kita berinvestasi saham kita bisa tidak bisa tidur walaupun saham yang kita beli saham perusahaan yang memproduksi emas. Pengalaman saya ini terjadi ketika saya membeli saham sebuah perusahaan penghasil emas, sadar atau tidak sadar terus kepirkiran naik atau turunnya.  Mengapa hal ini terjadi karena yang kita investasi adalah sertifikat/saham berupa sebuah kertas kepemilikan bukan benda riil seperti emas yang merupakan barang yang jelas dibutuhkan diseluruh dunia. Berbeda ketika saya berinvestasi emas ketika saya mempunyai uang lebih padahal saat itu harganya sedang tinggi, tetapi psikologis saya tidak begitu panik atau memikirkan harganya turun atau naik, karena saya sudah sadar bahwa kalau pun naik tetap dalam jangka pendek selisih 4% antara kurs jual-beli tidak akan terlampaui walaupun bisa saja terjadi seperti yang terjadi hari ini tanggal 19 April 2011 harga emas sudah mencapai Rp. 425.000/gram emas LM artinya dalam satu bulan terakhir kenaikanya sudah mencapai 4,2 %. Tetapi akankah saya akan menjual emasnya hari ini ? tentu jawabnya tidak, karena sesuai saran saya tersebut diatas belilah emas saat kita memiliki uang lebih dan juallah ketika kita membutuhkanya misalnya untuk pergi haji, biaya anak sekolah, dan lain sebagainya.
Mohon maaf baru sebagian pertanyaan belum semua saya rangkum pertanyaan yang masuk…….Bersambung insya Allah kalau ada waktu akan ditulis dalam Tanya Jawab Emas bag 3.

6 comments:

  1. sebagai masukan saja juragan..di bandung sudah ada sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan dan pembelian emas 24K (LM) bersertifikat ANTAM,yaitu PT. GOLDEN MANDIRI INVESTAMA (lihat : www.goldenmandiriinvestama.com) kami juga melayanin pembelian secara gadai dan Tunai.
    kalo ada yang berminat boleh tlp di 0856 7819 140 (INDRA)

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas informasinya semoga bermanfaat bagi pembaca blog EMAS ini.

    ReplyDelete
  3. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya BPK. MUHAMAD ISKANDAR Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!. PESUGIHAN DANA GAIP KY DIMAS KANJENG

    KLIK DISINI

    ReplyDelete
  4. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    ReplyDelete

  5. Mau dapatkan kartu hokky dan mendapatkan banyak bonus tunggu apalagi gabung aja bersama donacopoker
    dengan deposit 10.000 kamu sudah bisa bermain.
    di link alternatif kami www.donacopkr.com
    Agen poker online
    Agen poker online
    Judi Kartu Online
    bandar qq donacopoker
    agen judi kartu online yang memberikan kenyamanan dan permainan yang lengkap
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  6. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete