Saturday, April 16, 2011

TANYA JAWAB EMAS BAG. (1)

Sehubungan banyaknya pertanyaan tentang emas baik di status comment , massage FB dan Japri by BBM, email maupun sms. Maka melalui tulisan ini saya coba rangkum Tanya jawab tersebut semoga dapat menjawab pertanyaan yang mungkin teman-teman lain juga ingin sampaikan. Buat rekan-rekan yang sudah menyampaikan pertanyaan ke saya dengan ini saya meminta ijin untuk memuat pertanyaanya dengan tidak mencantumkan nama penanyanya, dan hanya diambil inti pertanyaanya saja.
T : Bagaimana cara investasi konvensional, lalu yang di investasikan emas dalam bentuk apa ?
J : Cara investasi konvensional yaitu  invenstasi emas dengan cara kita membeli emas disaat kita mempunyai uang kemudian menyimpanya sampai pada saatnya kita butuhkan. Cara ini disebut konvensional karena cara ini sudah lama sekali diterapkan dalam peradaban manusia termasuk juga jaman dahulu juga sudah ada lembaga yang menyediakan jasa penyimpanan emas dengan membayar jasa penyimpanan, kalau jaman sekarang mirip jasa Safe Deposit Box (SDB) yang biasa ditawarkan oleh bank-bank di kota besar. Demikian juga dengan kita, jika ingin melakukan investasi dengan cara ini jangan lupa fikirkan juga keamanan penyimpananya alternative SDB juga bisa dijadikan pilihan. Untuk jenis emas yang diinvestasikan sebaiknya emas dalam bentuk batangan atau koin emas karena emas dalam bentuk ini selisih antara harga jual dan belinya tidak terlalu jauh kisaran 4 %, sementara kalau perhiasan bisa lebih dari  7% selisih harga jual-belinya tidak pasti, karena ada faktor biaya disain perhiasan yang tidak dihitung saat perhiasan tersebut dijual kembali bahkan antar toko emas berbeda-beda memberikan harganya.

T :Dimana beli emas batangan LM Antam, bisa tidak ke dirimu pak ?
J : Untuk pembelian emas LM bersertifikat Antam bisa langsung ke kantor LM di pulogadung Jakarta atau di kantor Surabaya tetapi untuk saat ini pembelian emas LM bersertifikat Antam sangat mudah dijumpai baik ditoko emas, pegadaian syariah, dan juga di bank-bank syariah. Untuk penjualan yang di toko emas bahkan dalam kondisi tertentu harganya bisa lebih murah dari pada harga yang di LM Antam. Sedangkan untuk pembelian yang melalui pegadaian syariah ada charge yang dikenakan untuk margin & biaya transport bahkan di pegadaian syariah juga ada system pembelian cicilan tetap. Untuk pembelian di bank syariah ada yang menggunakan system gadai maupun system cicilan. Untuk yang biasa bermain kebun emas mekanisme yg di bjb syariah lebih praktis kita tanpa membawa emas yang digadaikan dapat melakukan kebun emas hanya membawa uang senilai 16% dari harga emas yang akan kita beli dimana selama kita belum membayar sisanya emas disimpan di bank bjb syariah.
J : terima kasih masukanya, sebenarnya kondisi ini lebih kepada terkait supply and demand, karena dengan meningkatnya animo masyarakat dalam menyimpan atau menabung emas Antam memalui unit bisnisnya LM mengalami lonjakan permintaan sementara emas sebagai bahan bakunya tidak seimbang. sebagai gambaran saja bahwa jumlah emas yang dijual oleh Antam dengan emas yang dimiliki Antam  sangat tidak seimbang sehingga harus membeli bahan baku diluar Antam. Untuk saat ini tambang emas Antam hanya bergantung pada produksi yang dihasilkan Pongkor dan Cibaliung sisanya kita membeli emas sebagai bahan baku. Bahkan kalau kita pesan ke pegadaian saja barangnya pasti butuh waktu untuk kita dapatkan walaupun kita bayar cash. Makanya sebagai saran saya sebaiknya untuk membeli emas LM Antam tidak terpaku pada Antam langsung, bisa ke toko emas atau ke sesama pengguna emas batangan yang sedang membutuhkan uang untuk menual emasnya yang terpenting adalah emas batangan yang kita beli bersertifikat Antam sehingga kita tidak ragu dengan kadar emasnya, perlu diketahui bahwa kadar emas 24 karat produksi Antam kadar emasnya 99,99%.
Mohon maaf baru sebagian pertanyaan belum semua saya rangkum pertanyaan yang masuk…….Bersambung insya Allah kalau ada waktu akan ditulis dalam Tanya Jawab Emas bag 2.

2 comments:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya BPK. MUHAMAD ISKANDAR Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!. PESUGIHAN DANA GAIP KY DIMAS KANJENG

    KLIK DISINI

    ReplyDelete

  2. Mau dapatkan kartu hokky dan mendapatkan banyak bonus tunggu apalagi gabung aja bersama donacopoker
    dengan deposit 10.000 kamu sudah bisa bermain.
    di link alternatif kami www.donacopkr.com
    Agen poker online
    Agen poker online
    Judi Kartu Online
    bandar qq donacopoker
    agen judi kartu online yang memberikan kenyamanan dan permainan yang lengkap
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete