Thursday, April 11, 2013

Yang Tidak Diajarkan Di Sekolah Tentang Uang

Robert kiyosaki sering menjelaskan uang dan sejarahnya, karena penjelasan uang  yang sebenarnya banyak tidak diajarkan disekolah. Banyak hal yang diajarkan disekolah tentang uang lebih ditekankan kepada pemahaman umum yang pada akhirnya, agar penduduk negeri ini menerima dengan segala ketidak tahuanya tentang mata uang kertas yang digunakan dalam transaksi sehari-hari. Padahal krisis demi krisis, serta sejarah tragedi uang kertas sudah sering terjadi dan nyata akibatnya terhadap perampasan hasil jerih payah kita melalui "perampok tersembunyi dalam uang kertas" yaitu inflasi.

Mata uang atau currency banyak yang mengira bahwa  itu sama dengan uang, padahal bukan, uang kertas yang kita pakai hanyalah alat tukar untuk membeli barang atau aset. Curenncy berasal dari kata current artinya arus. Arus harus terus mengalir, makanya fungsinya uang kertas hanya untuk mengalirkan barang atau aset yang kita beli, uang kertas tidak mempunyai nilai, karena memang sejati hanyalah kertas layaknya kertas biasa bedanya mata uang ini kertas yg disyahkan berdasarkan otoritas keuangan negera yang mengeluarkanya. Dan semua mata uang yang dipakai di seluruh dunia adalah mata uang fiat yaitu mata uang yang nilainya didefiniskan oleh masing -masing otoritas pemerintah setempat.

Uang tidak sama dengan mata uang, karena uang memiliki nilai intrinsik dalam dirinya. Uang selalu bisa menjadi mata uang, karena bisa dipakai untuk membeli barang juga. Tetapi mata uang tidak bisa jadi uang, coba kita fikir baik-baik apakah kertas merah bergambar dan segala tanda airnya bernilai Rp 100.000 ? Tentu TIDAK kertas itu sekedar melambangkan nilai yang dijamin oleh pemerintah Indonesia, hal ini pernah saya buktikan ketika tahun 2003 saat pertama kali pergi ke Jepang. Karena pemahaman yang salah tentang uang, maka dengan percaya diri saya membawa uang rupiah tersebut ke Jepang, saat saya hendak menukarkan ke money changer di bandara Fukuoka, petugas money cahger bingung  dan bertanya, "ini kertas apa ?", dan tidak mau menerima uang Rp 100.000 tersebut.  Artinya, uang kertas kita ini hanya disokong oleh udara saja atau ini hanyalah keyakinan baik dan masih dipercaya tergangung kebijakan pemerintah masing-masing, soalnya di beberapa negara ada yang mau menerima uang rupiah, biasanya terjadi didaerah perbatasan antar negara.  Mata uang dolar sekalipun, The Fed mencetak uang sesuka hati tidak ada backup apapun, kalau saya menyebutnya ini pemalsuan uang tapi pemerintah menyebutnya kebijakan fiskal.

Kalau boleh buka rahasianya, mata uang fiat diciptakan untuk tidak memiliki nilai, ini hanyalah cara santun untuk memgalirkam aset anda ke pemerintah. Untuk mudahnya ilustrasinya seperti ini, kita punya kambing sementara untuk makan kita butuh beras, sayur, gas untuk memasak,  dan lainya, maka untuk transaksi dibutuh mata uang fiat sementara mata uang fiat otoritas pemerintah yang mencetak maka mau tidak mau kita transfer kambing kita ke pemerintah dapatlah kita mata uang fiat senilai 2 juta. Maka berpindahlah aset kita ke pemrintah. Karena sekarang uang yang beredar sudah begitu banyaknya, maka logika tersebut kadang sulit kita terima, tetapi kalau kita berada pada saat awal uang rupiah diterapkan maka dengan mudah kita pahami ilustrasi tersebut diatas.

Artinya setiap BI mencetak uang dan membelanjakanya serta beredar maka  terjadilah kondisi banyaknya uang beredar sementara barang yg diperdagangan tetap jumlahnya inilah penyebab harga jadi naik dalam kaca mata uang kertas ini, kondisi ini biasa disebut inflasi, sehingga inflasi adalah kondisi yang sudah melekat dengan sistem mata uang kertas, sejoli yang tidak dapat dipisahkan.

Lalu saat The Fed mencetak dolar untuk dipinjamkan ke pemerintah AS dan harus dikembalikan berikut bunganya setiap yg dicetak tersebut, logikanya sampai kapanpun hutang tidak pernah bisa dilunasi karena dari mana bisa pemerintah mendapatkan uang bunga itu "lha wong" pemerintah tidak bisa mencetak uang kertas sendiri, inilah alasan mengapa utang suatu negara terus membengkak dan mustahil dilunasi secara matematis. Jadi selagi sistem bunga ini diberlakukan serendah apapun suku bunga yang diterapkan, maka tetap hutang dengan sistem bunga ini tidak akan bisa dipenuhi oleh pemerintah.

Ketika kita mengambil kredit dari bank sejatinya kita sedang mengajukan pencetakan uang baru. Karena dengan bermodal formulir permohonan yang dibubuhi tandatangan kita, bank diperbolehkan melakukan pembukuan di rekening kita dengan beban suku bunga dari uang yang kita ciptakan. Bank sebenarnya tidak benar-benar meminjami kita uang dari depositnya. Uang yg baru dicetak tersebut menjadu pasokan mata uang yang beredar dan kebanyakan pasokan uang baru terjadi dengan cara ini.

Perlu kita tahu, jika kita menabung 1 juta di bank maka, uang itu akan menjadi liabilitas bank tempat  kita menabung, berdasarkan aturan fractional reserve maka bank boleh menyalurkan pinjaman  sebesar 9 juta. Kondisi ini tidak akan terlihat dampaknya ketika, tidak terjadi waktu bersamaan nasabah bank mengambil uang tabungan dan tidak terjadi kredit macet dari para peminjam kredit bank tersebut.

Dengan penjelasan tersebut, saya baru sadar mengapa banyak bank yang memberikan hadiah langsung bagi nasabah tabungan, sebagai salah satu contoh Bank CIMB Niaga Syariah, bagi nasabah dengan tabungan Rp 1 juta hingga Rp 4,9 juta akan mendapatkan tas kecil untuk penyimpanan kosmetik, sedangkan untuk jumlah saldo Rp 5 juta hingga Rp 9,9 juta akan mendapatkan tas selimut atau tas thermal dengan ukuran sedang. Terakhir untuk nasabah yang memiliki saldo Rp 10 juta ke atas selama satu bulan akan mendapatkan tas tikar lipat atau tas piknik ukuran besar, dimana program ini berlaku hingga Juni 2013. Dengan kata lain, CIMB Niaga Syariah juga sudah siap-siap menyalurkan kreditnya sekitar 9 kali lipat dari dana tabungan yang bisa dihimpun.

1 comment:

  1. Gambling with Roulette | DrmCD
    In the 서울특별 출장마사지 casino floor, dealers work hard to get you 부산광역 출장샵 in control of the odds, and you can use the money you win 광주광역 출장마사지 to get your bet. Players are able to 안동 출장샵 choose 김포 출장안마 from several

    ReplyDelete