Saturday, July 2, 2011

Estimasi Harga Emas 2011 Dalam Strategi Kebun Emas Sistem Gadai

Estimasi harga emas sampai Desember tahun 2011, sangat menarik dibahas khususny bagi orang yang menerapkan system investasi emasnya dengan kebun emas atau system gadai. Seperti yang pernah dibahas pada blog ini tentang analisis investasi dengan kebun emas dimana prediksi harga emas menjadi faktor penting dalam mengambil keputusan apakah memekai instumen gadai dalam investasi emas atau membeli emas secara kontan dan menyimpanya atau investasi emas konvensional.
Untuk itu dalam tulisan kali ini akan coba dibahas estimasi harga emas sampai  desember 2011 dengan menggunakan data seperti pada 4 tulisan saya sebelumnya pada blog ini yaitu “Tiba Saatnya Kehancuran Uang Kertas, Beralihlah Ke EMAS…… SEGERA !!!”,   “Burst of the Gold Price Bubble 2011” , “Evaluasi Harga Emas LM Tahun 2011” dan  “Analisa Harga Emas Antam LM Juli Agustus 2011”. Dan sebelum panjang lebar selalu juga saya pertegas kembali tentang dua hal yaitu :
1.   Sebelum saya bahas perlu disampaikan bahwa yang dimaksud harga emas Antam LM disini adalah harga spot, artinya standar harga emas Antam LM untuk 1 kg emas batangan.
2.   Naik turunya harga akibat mekanisme pasar tidak bisa dicampuri oleh siapapun, hal ini mengacu pada salah satu hadist yang diriwayatkan Anas R.A, “wahai Rosululloh, harga-harga barang naik (mahal), tetapkanlah harga untuk kami.” Kemudian Rosululloh SAW menjawab, “Allah-lah penentu harga, penahan, pembentang, dan pemberi rezeki. Aku berharap tatkala bertemu Allah, tidak ada seorang pun yang meminta padaku tentang adanya kedzholiman dalam urusan darah dan harta.” Sehingga pembahasan mengenai pergerakan harga emas juga tetap mengacu pada perilkau “pasar” khsusnya sifat-sifat yang melekat dalam karakter para investor pelaku pasar emas di dunia.
Dalam estimasi harga emas saya lebih fokus hanya membahas harga emas dalam rupiah, walaupun terlalu acak khsusunya dalam hal kurs rupiah terhadap US Dolar. Walau demikian inilah tantanganya, disamping itu khususnya bagi pembaca blog saya yang berinvestasi emas dalam rupiah akan lebih menarik dan mengena karena memanfaatkan konsep gadai yang tentunya bisa diaplikasikan di institusi syariah berbasis islam.
Seperti data yang disajikan dalam 4 tulisan sebelumnya dalam blog ini, maka estimasi harga saya lakukan dengan pedenakan eksponensial dengan nilai R2 sebesar 0,938 dengan grafik seperti terlihat dibawah ini. Dimana pembuatan trend line saya pakai eksponensial, karena apabila melihat harga emas sejak tahun 1970 sampai sekarang menunjukan arah  trendnya eksponensial.

Dari grafik tersebut diatas maka estimasi harga sampai Desember tahun 2011 berada pada kisaran harga emas Antam LM sebesar Rp. 450.000/gram. Dimana harga ini pada trend hyperbolic yanga akan terjadi, karena data yang saya gunakan adalah data lembah hyperbolicnya sehingga bisa saja pada bulan Desember terjadi fluktuasi harga dibawah atau diatas Rp. 450.000/gramnya.
Kalau kita bandingkan harga awal tahun 2011 sebesar Rp. 411.000/gram maka kenaikanya hanya sekitar 9 % saja dalam setahun atau kalau pembelian januari 2011 tepat yaitu saat harga emas turun ke harga 400.000/gram maka kenaikanya sekitar 13%. Hal ini tentu rugi bagi anda yang menggunakan dana pembelian emas dengan system gadai atau sering disebut kebun emas yang sedang mewabah dengan virus kebun emas Rulli Kusnandar. Karena sesuai yang pernah saya bahas dalam “Analisis Investasi Emas system Gadai” untuk mendapatkan profit dalam investasi kebun emas ini setidaknya kita harus menghitung interest tiap bank tersebut dalam satu tahun. Anggap saja kita ambil rate interest terendah yaitu BJB Syariah berarti titik impas dari konsep kebun emas tersebut adalah bila emas naik sampai 16 % per tahun (caranya hitung kenaikan emas yang harus dicapai dikurangi selisih kurs jual-beli emas Antam LM mirip sahamlah).
Sehingga pada saat melakukan profit taking jangan menunggu lama tetapi hitung persen kenaikan saat anda membeli emas dengan uang hasil gadai tersebut. Mudah-mudahan pemahaman ini, bisa memberikan penjelasan tentang resiko kebun emas sehingga tentunya investasi emas secara konvensional juga tetap lebih menarik ketimbang kebun emas.  Dan walau demikian, investasi emas dalam kondisi kenaikan hanya 9% sekalipun masih tetap menarik bila investasi emas dalam konteks lindung nilai asset yang kita miliki, dan tetap menarik bila kita menggunakan cara investasi emas dengan konsep cicilan MULIA untuk minimal pembelian 100 gram emas LM seperti yang pernah saya bahas dalam “Konsep Investasi MULIA (Pembelian Emas Dengan Cicilan Tetap)” bila saat itu kita membeli emas pada tanggal 25 Januari 2011 diposisi harga Rp. 400.000/gram atau kenaikan setahun sekitar 13 %. Dimana dalam konsep MULIA untung  bila kenaikan emas minimal 13% per tahun.
DISCLAIMER : penyampaian data-data serta ulasan diatas hanyalah pendapat saya Pribadi dan semata-mata saya hanya  ber”iqro” yang sangat jauh dari kesempurnaan dan saya sendiri pun tidak ingin hal tersebut digunakan dalam berspekulasi harga emas tetapi lebih kepada meyakinkan kita semua bahwa emas adalah uang yang sesungguhnya (uang “swasta”) yang juga sudah digunakan sejak jaman Rosulullah SAW yaitu uang dinar (emas) sesuai hadist yang sering saya kutip. Naik turunya harga akibat mekanisme pasar tidak bisa dicampuri oleh siapapun, hal ini mengacu pada salah satu hadist yang diriwayatkan Anas R.A, “wahai Rosululloh, harga-harga barang naik (mahal), tetapkanlah harga untuk kami.” Kemudian Rosululloh SAW menjawab, “Allah-lah penentu harga, penahan, pembentang, dan pemberi rezeki. Aku berharap tatkala bertemu Allah, tidak ada seorang pun yang meminta padaku tentang adanya kedzholiman dalam urusan darah dan harta.”

1 comment:

  1. Dapatkan pinjaman dana paling tinggi hanya dengan jaminan bpkb mobil, bus, truk dan pembiayaan kredit mobil bekas dp rendah di Adira Finance untuk seluruh wilayah Indonesia.
    Untuk informasi selengkapnya, Silahkan hubungi marketing kami berikut ini. Cukup melalui sms atau whatsapp, Kemudian marketing kami akan menghubungi Anda.
    Contact : Sukma Dinata ( Marketing Officer )
    Tlp/ Sms/ Whatsapp : 081280295839

    syarat gadai bpkb mobil - https://www.jaminkanbpkb.com/p/syarat-gadai-bpkb-mobil.html

    kredit mobil bekas - https://www.jaminkanbpkb.com/p/leasing-pembiayaan-kredit-mobil-bekas.html

    cara gadai bpkb mobil - https://www.jaminkanbpkb.com/p/cara-gadai-bpkb.html

    cara mencari modal usaha - https://www.jaminkanbpkb.com/p/cara-mencari-modal-usaha.html

    mobil antik paling mahal - https://www.jaminkanbpkb.com/p/mobil-antik.html

    ReplyDelete